Bupati dan Wakil Bupati

Pemberitahuan

Dikarenakan masih dalam tahap publikasi awal dan pengembangan, kami memohon maaf jika terdapat banyak kekurangan.
kritik dan saran silahkan layangkan pada menu "Buku Tamu"

Masuk

Silahkan masuk atau mendaftar



Jadwal Shalat

Kalender

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Wewenang Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Sumur Tua PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Admin   
Selasa, 05 Februari 2013 15:09
kebakaran sumur minyak bumi
Stabat (DPE-lkt), Pengaturan pengelolaan sumur tua minyak bumi seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 01 Tahun 2008, tanggal 5 Februari 2008 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi pada Sumur Tua. Pemberlakuan Peraturan MESDM itu menjadikan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 1285.K/30/M.PE/1996 tanggal 26 Agustus 1996 tentang Pedoman Pengusahaan Pertambangan Minyak Bumi pada Sumur-sumur Tua dinyatakan tidak berlaku.

Dengan harga minyak yang tinggi saat ini langkah memproduksi minyak pada sumur tua memiliki prospek ekonomis yang tergolong bagus, karena kegiatan ini tidak lagi membutuhkan pengeboran. Praktis hanya memompa untuk memproduksi minyak.

Dalam Peraturan Menteri ESDM tersebut berisi antara lain kerja sama Kontrak Jasa berlaku 5 tahun dan dapat diperpanjang. Kontrak harus mendapat persetujuan Dirjen Migas dan wajib diketahui oleh BP Migas. Mempertimbangkan sumur-sumur tua ada yang berlokasi di dua wilayah kabupaten, maka KUD atau BUMD yang berminat wajib mendapat rekomendasi dari pemerintah Kotamadya/Kabupaten dan Provinsi, sedangkan produksi minyak seluruhnya harus diserahkan kepada negara melalui KKKS (kerja sama kontrak jasa) antara Pertamina dengan pihak BUMN/KUD yang berhak mendapat imbal jasa.

Adapun tujuan dari dikeluarkannya Peraturan ESDM ini adalah untuk meningkatkan atau menambah jumlah produksi sumur minyak bumi secara nasional. Disamping itu secara langsung menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui lifting atau bagi hasil migas. Juga secara langsung dapat menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat sehingga tingkat kesejahteraan meningkat. Namun kenyataannya, banyak oknum maupun kelompok memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari keuntungan pribadi dan kelompok masing-masing.

Akhir-akhir ini banyak berita tentang kebakaran sumur tua maupun tempat penimbunan maupun penyulingan minyak bumi oleh masyarakat, akibat kejadian tersebut tidak sedikit yang meregang nyawa baik yang meninggal maupun cacat. Banyak berita baik lokal maupun nasional yang memberitakan bahwasanya kejadian ini diakibatkan tidak tegasnya dan kurang sosialisasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sumur tua ini khususnya di Kabupaten Langkat oleh Instansi terkait dalam hal ini adalah Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Langkat.

Dilihat dari pernyataan di atas dapat disimpulkan, bahwasanya pengelolaan sumur tua tidak dapat dilakukan perorangan/individu akan tetapi berada dalam suatu wadah naungan yang bernama KUD atau BUMD yang telah mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten dan Propinsi dimana Kontrak tersebut antara KUD/BUMD dengan Pertamina dalam hal ini Eksindo mendapat persetujuan dari Dirjen Migas dan diketaui oleh BP Migas atau sekarang bernama Satuan kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SK Migas). Hasil dari kerjasama atau kontrak ini dimana KUD/BUMD berhak mendapat imbal jasa dari penjualan minyak bumi/mentah ke Eksindo selaku perusahaan yang ditunjuk Pertamina.

Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Langkat sudah beberapa kali melaksanakan sosialisasi tentang pengelolaan sumur tua bekerja sama dengan Eksindo selaku perusahaan yang dipercaya Pertamina yang melibatkan masyarakat maupun kelompok masyarakat maupun instansi Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Sumatera Utara. Disamping itu juga telah mengeluarkan surat himbauan agar menghentikan kegiatan pengelolaan sumur tua yang dilakukan oleh masyarakat maupun kelompok masyarakat yang dilakukan secara illegal yang ditujukan ke Pihak Kecamatan maupun Kelurahan.

 

Kepala SKPD

kadis.jpg

Polling

Bagaimana tampilan web ini menurut anda
 

Sedang Online

Kami punya 1 tamu online

Statistik Web

Anggota : 20
Konten : 26
Tautan Web : 2
Kunjungan : 8108

Hubungi Kami